FAKSI BINTANG #5 Galau?

Selasa, 31 Maret 2020


“Bin...”

“Hemm...”

“Bin...”

“Apeh?”

“Kok, lu jadi galak gitu sih sama gua?”

“Oke, fine. Ada apa Ho Sok Gie yang sholeh, pinter, rajin, dan suka menabung? Ane lagi baca buku yang seru banget, nih. Kalo ngga penting-penting amat, jangan manggil-manggil nama gua kayak mantera gitu, okeh?”

“Ini penting banget, Bin..”

“Ok. What’s wrong?”

“Bin...”

“Ya?”

“Bin...”

“Lo sekali lagi manggil nama gue ngga jelas, lo ga cuma harus ngasih gue sepaket piring-gelas-mangkok, tapi juga nyuciin baju gue selama seminggu. Sepakat?”

“Eish..haish..plis-lah, dengerin gua dulu.”

“Gue mendengarkan, Gie.”

“Lu pernah jatuh cinta, Bin?”

“HEH??”

“Yeee..gua udah nanya bener, lu malah ga percaya.”

“Err...kenapa lo tiba-tiba nanya aneh, gitu?”

“Bin, umur lu berapa, sih? Emangnya itu pertanyaan aneh yang ga bisa gua tanya ke sahabat gua yang paling gua percaya?”

“Gie? Lo sehat? Kening lo ngga panas. Mmh...denyut nadi tangan sepertinya normal, sedikit agak cepat.”

“Ah, Bin! Males gua curhat sama lu. Udah, udah, baca lagi bukunya, gih!”

“Hehe, sori sori. Canda gue. Lo tiba-tiba romantis gitu bahasanya, gue ngeri. Watir lo kenapa-kenapa, nanti gimana gue harus tanggung jawab ke keluarga lo?”

“Lu kan ga ngehamilin gua, Bin. Kenapa harus tanggung jawab ke keluarga gua?”

“Lo udah mulai ngaco, berarti lo sehat. Oke, mau cerita apa?”

“Gua belum cerita apa-apaan, Bin. Pertanyaan gua belum lu jawab.”

“Kenapa gue harus jawab pertanyaan retoris yang lo udah tau jawabannya, sih?”

“Jadi lu beneran jatuh cinta sama Bu Rieke? Selera lu selalu ibu-ibu gitu yah?”

“Gie, plis! Bu Rieke belum ibu-ibu. Doi emang udah nikah –dan memupuskan harapan banyak cowo, termasuk gue-, tapi masih belum punya anak, jadi belum jadi ibu. Lagipula doi cantik, anggun, dan cerdas. Wajar kalo banyak cowo yang nge-fans, termasuk gue. Gue anak bimbingnya di akademis. Beberapa kali doi berbagi cerita tentang dinamikanya semasa mahasiswa dan ngasih arahan tentang strategi memilih SKS dan mata kuliah pilihan kepada anak bimbingnya, termasuk gue. She is an inspirator. So, wajar kalo Bu Rieke adalah salah satu dosen favorit bagi banyak mahasiswa, termasuk gue. Kalopun gue merasa jatuh cinta, itu hanya karena doi mirip dengan cinta pertamm..maksud gue mirip sama temen cewe yang pertama kali gue suka. Only that, nothing else. Dan inih kenapa jadi gue yang curcol? Kan lo yang duluan mau cerita, azzzzt...”

“Ahaha...lu gampang banget kepancing yah ternyata? Hahaa...”

“Arghh, malu kan gue?!?! Udahan ah, ke mesjid yuk, bentar lagi Ashar.”

“Ashar masih dua jam lagi dudul, ini baru setengah dua, hehe.”

“Lo mau cerita beneran ngga sih, Gie?”

“Eh, serius, serius. Gua mau cerita sekaligus minta nasihat. Lo beberapa hari kemarin pulang malem terus sih, gua jadi baru bisa curhat sekarang.”

“Kenapa sih? Soal Riana?”

“Eh, kok lu tau?”

“Emangnya kalo lo udah ngarah galau soal cinta, siapa lagi selain Riana? Ngga mungkin Pak Bara dosen favorit lo itu kan? Gue cukup kenal lo. Lo itu unik. Penggemar lo  banyak, sering dapet kode dari para akhwat, dari bukan akhwat apalagi..”

“Haish, gua normal, Bin!”

“Maksud gue dari akhwat yang ngaji maupun yang ngga ngaji, dari yang ngga jilbaban, jilbab pendek, sedang, bahkan panjang. Pernah ada yang terang-terangan nembak lo malah, gara-gara sikap lo yang terlalu cair dan perhatiannya kadang berlebihan itu. Kalo lo mau ngaca, sikap lo seringkali seolah ngasih harapan kepada para jomblowan-jomblowati..”

“Eh, sembarangan. Jomblowati doang, kagak pake jomblowan.”

“Nah, itu lo ngaku. Lo sering seolah ngasih harapan kepada para jomblowati, padahal sebenernya satu-satunya jomblowati yang udah lo pendem dari jaman dinosaurus belum bertelur itu bahkan ngga pernah membalas perhatian lo, atau bahkan mungkin ngga tahu kalo selama ini lo memendam perasaan sama dia.”

“Lebay ah, lu. Dia tahu perasaan gua. Dia udah tahu sekarang.”

“Udah tahu? Lo ngomong ke Riana?”

“Ssst...ssst...jangan keras-keras ngomongnya lu, ah. Ini dinding bisa tembus ke kamar sebelah.”

“Biarin, biarkan dinding-dinding ini bermata dan bertelinga sehingga menjadi saksi diantara kita. Halah.”

“Preeett...”

“Terus? Terus?”

“Ya gitu, gua malah jadi galau sendiri. Sewaktu dia lebih sering nyuekin gua dan merespon perhatian gua sekedarnya, kadang hati ngerasa sakit, tapi gua tetap aja seneng dan semangat kalo inget dia. Sekarang tiba-tiba dia ngasih perhatian lebih seolah membalas perasaan gua, gua-nya yang galau. Gua ga ngomong apa-apa soal perasaan ke dia, Bin. Ya kali, gua nembak akhwat. Tapi kayaknya dia akhirnya sadar gitu. Entah karena perhatian gua, apa tulisan-tulisan gua di blog, atau akhirnya dia sadar kalo gua emang ganteng, kali yah?”

“Siapa sih yang ngga sadar kalo lo ganteng?”

“Lu. Lu ga sadar kalo gua sebenernya ganteng, kan?”

“Karena yang gue sadar, gue lebih ganteng dari lo, hehe.”

“Preet!”

“Semua orang –kecuali gue- juga bilang lo ganteng, Gie. Jadi kalo akhirnya Riana seperti membalas perasaan lo sekarang, bukan karena dia baru sadar lo ganteng, tapi karena mungkin hatinya mulai luluh sama perhatian lo selama ini.”

“Tapi bukannya sikap gua ke dia sama aja ya, dengan sikap gua ke yang lainnya? Gua kan emang selalu baik dan perhatian sama siapa aja.”

“Kecuali soal duit.”

“Gua juga rajin bantu dan nolong orang tanpa pilih-pilih.”

“Kecuali soal duit.”

“Iya, iya, sori, gua emang kismin. Cuma bisa ngasih waktu dan tenaga doang, hiks. Apalah 
gua ini.”

“Tapi lo dermawan banget kalo ke tukang es kelapa deh, tiap hari lo sedekahin dia.”

“Bin, ah, keluar konteks lu. Gua harus gimana?”

“Tanya ke hati kecil lo, Gie, lo harus gimana? Kalo lo nanya gue, lo udah tau jawabannya, lo hanya butuh penegasan, kan? Gua pasti akan bilang supaya lo menghentikan semua perhatian yang sebenernya ngga perlu. Tapi terhadap seseorang yang kita rasa spesial, kita akan berdalih kalau semua perhatian itu perlu dan wajar. Lo mungkin merasa kalo perhatian lo ke Riana sama aja dengan perhatian lo ke yang lainnya, bahkan kadang kalo lo terlampau gugup pas ada orangnya, yang ada lo malah jadi agak judes dan menghindar. Tapi yang jelas, suatu perhatian dengan kadar sama yang dilakukan dengan niat berbeda, akan diterima secara berbeda juga. Lama kelamaan orang akan menangkap kesan yang berbeda karena perubahan gesture kita, sekecil apapun itu, entah cara kita memandang, gerakan tangan, atau mungkin perubahan warna di wajah yang sulit kita atur. Dan maksud hati lo itu pada akhirnya tetep aja nyampe ke dia kan? Sebenernya lo seneng, tapi juga takut, kan?”

“Iya, Bin. Emangnya cara gua bersikap salah banget, ya?”

“Ngga-lah, Gie. Lo itu supel, humble, dan ringan tangan. Ngga ada yang salah dengan 
memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk orang lain, walau hanya dengan senyuman dan selalu bersikap ramah sama siapapun. Itu saja bisa membuat orang yang tadinya ngga senyum jadi senyum, yang tadinya bete mungkin jadi lebih gembira karena lo yang ramah dan kadang suka ngelucu ngga jelas. Apalagi lo kalo diminta tolong hampir ngga pernah nolak, dan ngga nanya macem-macem, langsung lo kerjain. Setiap orang seneng kalo punya temen yang keberadaannya aja bisa meringankan beban mereka. Jadi lo ngga salah. Jangan sampai juga hanya karena lo lagi galau, terus muka lo jadi bete, ngga ramah lagi, dan jadi males nolong orang.”

“Kok, kesannya gua kuli panggul gitu sih, tukang meringankan beban orang. Ya emang sih, gua kurus..”

“Konteksnya umum, dudul! Lo mah ih, kagak belajar bahasa Indonesia banget.”

“Gua jurusan arsitektur lanskap, sori, bukan jurusan bahasa.”

“Teruss..lo kira gue guru bahasa?”

“Hehe, canda gua. Lagian lu ngasih saran kebalik-balik gitu. Tadi lu bilang gua harus berhenti ngasih perhatian yang ga perlu, sekarang lu bilang supaya gua tetep ramah sama orang. Lah, jadi gua harus gimana ke.... Riana?”

“Haha, muka lo langsung merah gitu nyebut namanya doang. Makanya gue udah bilang di awal, lo tanya ke hati kecil lo. Mana yang menurut lo bener? Batasan perhatian yang wajar ke temen cowo dan cewe jelas bedanya. Perasaan yang lo pendem, tapi lo tanam dan terus lo kasih pupuk itu, dan akhirnya berbuah, itu akibat perbuatan lo sendiri. Gue ngga bilang lo salah, tapi mungkin kita harus belajar untuk pandai-pandai menentukan batasan.”

“Kalo misalkan gua biarin seperti ini aja, gimana? Gua kan ga pernah bilang apa-apa ke dia? Dan dia kan ga mungkin juga nembak gua kayak si Irene.”

“Kalian ngga saling menyatakan bukan berarti ngga saling tahu perasaan masing-masing, kan? Kalo Riana udah ngasih perhatian lebih, lo pasti ngga tega untuk ngga ngebales setiap perhatian dia. Terus lo mau ngejalin hubungan tanpa kejelasan, gitu?”

“Apa gua langsung ngelamar dia aja, ya?”

“Terus nikahnya tiga tahun lagi?”

“Errr...rencana nikah gua masih lima tahun lagi, sih.”

“Apalagi lima tahun. Lo mau ngegantung anak orang selama lima tahun? Atau lo mau pacaran?”

“Ya kagaklah. Gua maunya pacaran halal aja abis nikah.”

 “Kalo gitu lo harus tegas sama perasaan lo, sama batasan prinsip yang lo udah tetapkan.”

“Kalo dia nangis, gimana?”

“Lebih mending mana, dia nangis sekarang, atau nangis ketika harapannya sudah tinggi, tapi terus jatuh gara-gara ternyata lo ngga bisa memenuhi harapannya?”

“Kalo gua yang nangis, gimana?”

“Jangan ngadu ke gue, ngadu ke Allah. Yang Maha Mendengar, Maha Mencintai, dan Maha Tahu semua yang terbaik buat lo.”

“Jadi gua harus bersikap lembut atau keras?”



“Lo yang menentukan saat lo harus bersikap lembut dan kapan lo harus keras, Gie. Hmm..kok jadi keingetan kuliah pengantar seni yang kemarin yah? Lembut, kaku, dan keras. Lingkaran, segiempat, dan segitiga. Garis mengalir yang lembut, garis statis yang kaku, dan garis tajam yang keras. Semua elemen estetis itu dibutuhkan, dan penggunaannya tergantung kita yang ingin memberikan kesan seperti apa pada pengguna. Membuat garis dan bentuk yang menjawab kebutuhan dan sesuai pada fungsi dan tempatnya. Ah iya, sama dengan masalah lo, Gie. Lo yang menentukan, dimana dan kapan lo menggunakan garis mengalir yang lembut, garis statis yang kaku, dan kadang mungkin dibutuhkan garis tajam yang keras. Kita harus fleksibel dan pandai-pandai menentukan dimana harus bersikap bagaimana. Lo yang menentukan sendiri, Gie, bentuk seperti apa yang harus lo gambar untuk menjaga kebersihan hati lo dan hati pujaan hati lo itu.”

“Lu kayak bikin mata kuliah baru  dah, judulnya ‘pengantar seni dan mengelola hati’. Hehe...”

“Hehe..bisaa..bisaa. Hati emang harus dikelola, kan, supaya hidup, tumbuh, dan berkembang dengan sehat? Kalo galau cuma bikin hati sempit dan sakit, apa gunanya?”

“Well, thanks, Bin. I feel better now.”

“You’re welcome.”

“Boleh nanya lagi ga, gua?”

“Asal bukan tentang Bu Rieke atau orang di masa lalu gue yang mirip dengan Bu Rieke.”

“Deuh, sensi amat. Bukan, gua mau nanya kalo menurut lo, cinta itu apa?”

“Hmm...apa ya? Cinta itu seperti martabak. Dari berbagai bahan yang awalnya biasa aja, 
tapi bisa menyatu menjadi lapisan tebal dengan campuran isi yang bikin akhirnya jadi enak banget, walaupun untuk itu setiap bahan harus melalui proses pemanasan dipanggang oleh api di atas wajan dan loyang. Tapi hasilnya empuk dan lezat. Slurrrrpt..laper kan gua jadinya.”

“Kalo gitu cinta juga seperti es kelapa dong yah? Dingin menyegarkan, tapi ada asem-asemnya gitu. Walaupun sekarang harganya jadi agak mahal, tapi tetep aja bikin ketagihan.”

“Itu mah lo aja yang pelit, timbang harga naik gope doang.”

“Ehehe, ngomong-ngomong, yang mirip sama Bu Rieke itu namanya siapa, Bin? Gua kenal, ga?”

“Tuh kan, ujung-ujungnya ke sana. Ngga, ngga. Ceritanya stop di sini. Lo ngga kenal, jadi ngga usah dibahas, oke?”

“Yaah, Bin. Lu ga adil, ah. Lu tau rahasia gua, masak gua ga boleh tau rahasia lu?”

“Bukan ngga boleh, gue cuma ngga mau ikut-ikutan lo jadi galau.”

“Hehe, tuh kan. Lu punya seseorang yang bisa bikin lu galau juga, kan?”

“Ada. Adek perempuan gue yang bentar lagi mau UN. Gue galau mikirin dia bakal lanjut kuliah dimana.”

“Aaaah...cerita-lah, Bin. Gua siap jadi pendengar yang baik, kok. Walaupun mungkin ngga bisa kasih masukan sekeren lu.”

“Duh, gue mules. Nanti lagi ya, kamar mandi dulu.”

“Yah, Bin. Giliran kayak gini aja, lu menghindar. Curang lu, ah.”


***

0 komentar:

Posting Komentar